About Us

Program Sarjana Teknik Mesin bersifat generalis, mempunyai keunggulan dapat memahami berbagai masalah teknis dalam bidang permesinan, seperti Energi, Konstruksi, Material dan Produksi. Kompetensi lulusan Program Sarjana Teknik Mesin dapat bekerja di berbagai sector industri, baik di pemerintahan, maupun Swasta. Seperti Engineering Design dan Project Engineer, yang didukung oleh fasilitas laboratorium dan Praktek kerja di industri dan lapangan, Powerplant, Refinery dan Pabrikasi.

Program Sarjana Teknik Mesin mempunyai 4 (empat) konsentrasi, yaitu:

Peminatan Konversi Energi (Specialization of Energy Conversion)

Bidang konversi energi merupakan bidang yang begitu luas dan aktual yang hampir meliputi seluruh disiplin ilmu, terutama Termodinamika, Mekanika Fluida, Perpindahan Panas serta konsep-konsep dasar perpindahan energi dan konversi energi, ilmu pengetahuan, ini tentu saja harus dilengkapi dengan pengetahuan tentang sistem fisik yang melaksanakan konversi energi tersebut. Bagi para mahasiswa yang mengambil bidang peminatan konversi energi tersebut, setelah lulus nanti diharapkan dapat menguasai prinsip-prinsip operasi Sistem Konversi Energi, seperti Turbin Uap, Gas, Air, Motor Bakar, mesin Pendinginan, Pengering, Pompa dan Kompresor, Energi Surya, yang seluruhnya mengkonversikan bentuk asal dari energi menjadi listrik dan mekanik dan energi lainnya yang bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat. Penelitian tentang desain dan konstruksi dari sistem Konversi Energi ini mengkaitkan konsep-konsep teori dengan sistem fisik. Di samping itu, juga dipelajari Sistem Konversi Energi dari segi performa, kesukaran-kesukaran pengoperasiannya dan ekonomi operasional yang diantisipasikan.

Peminatan Konstrusi Mesin (Specialization of Machine Construction)

Bagi mereka yang mengambil peminatan konstruksi mesin setelah lulus diharapkan bisa membuat perencanaan mesin dan komponen-komponennya, serta bisa menganalisis cara kerja dan unjuk kerja dari suatu peralatan mesin. Di samping itu, mereka juga diharapkan bisa menganalisis kekuatan dari komponen-komponen mesin serta bisa melakukan analisis stabilitas statis dan stabilitas dinamis dari suatu peralatan mesin.

Peminatan Teknik Produksi Pembentukan dan Material (Specialization of Production Technology and Materials Forming)

Peminatan ini lebih menitik beratkan dalam programnya kepada proses engineering yang dalam aplikasinya menyangkut 3 (tiga) masalah pokok, yaitu desain, bahan (material) dan teknologi proses. Dalam kerekayaan setiap konstruksi bangunan mesin, mau tidak mau selalu diperlukan sejumlah bahan (material) teknik, terutama sekali logam Fero seperti Besi dan Baja di samping Logam Non-Fero, keramik, polimer, elastromer dan komposit termasuk Material Teknik Baru. Dengan demikian, maka mahasiswa perlu dibekali pengetahuan yang lebih khusus tentang Desain, Bahan dan Teknologi Proses.

Permintaan Teknik Produksi Pemesinan (Specialization of Machinery Production Technology)

Kegiatan engineering atau rekayasa merupakan kegiatan yang meliputi perancangan dan pembuatan. Untuk melaksanakan kegiatan ini diperlukan pengetahuan yang tersusun secara sistem yaitu ilmu rekayasa serta pengetahuan yang bersifat praktis yang berkaitan dengan cara.

Visi
Sesuai dengan amanat perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia dan dalam rangka mengisi cita-cita reformasi serta untuk menjawab tantangan era globalisasi, maka Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti memiliki Visi untuk menjadi:

  • Lembaga pendidikan terkemuka dan pusat unggulan di Asia Tenggara dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi teknik mesin bagi kesejahteraan umat manusia dan kelestarian lingkungan.
Misi
Untuk mewujudkan cita-cita tersebut di atas maka MISI utama Jurusan Teknik Mesin adalah:

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi teknik mesin untuk menghasilkan lulusan (S-1) yang memiliki kompetensi  & daya saing yang tinggi dibidangnya.
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dibidang teknik mesin untuk mengejar ketertinggalan dari negara industri maju.
  • Mendorong daya inovasi kreasi dalam aplikasi ilmu pengetahuan bidang teknik mesin untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan nasional khususnya dan kawasan Asia Tenggara pada umumnya.
  • Menjunjung dan meningkatkan nilai-nilai akademik, ethika dan moral sejalan dengan kehidupan masyarakat ilmiah.