Sambutan Dari Ketua Jurusan

 

ketjur_jtm

Dr. Rianti Dewi S.T., M.Eng.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Salam Perkenalan,

Selamat datang di Website “Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti”

Selamat datang di laman Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti.

Jurusan Teknik Mesin FTI Usakti berdiri pada tanggal 29 November 1965 bersamaan dengan lahirnya Universitas Trisakti sebagai pengganti Universitas Res-Publika berdasarkan Keputusan Menteri No. 014/DAR/1965 dan Keputusan Direktur Jemdral Pendidikan Tinggi No. 558/DIKTI/KEP/1993. Berdasarkan surat keputusan Badan Akreditasi Nasional No. 024/BAN-PT/AK-XI/S1/X/2008 tanggal 10 Oktober 2008 akreditasi Program Studi Teknik Mesin hingga 10 Oktober 2013 adalah A.

Jurusan Teknik Mesin FTI Usakti mempunyai visi menjadi salah satu Program Studi Teknik Mesin yang terkemuka bermutu internasional dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup dan peradaban. Sedangkan misi yang diemban adalah  memajukan dan mengembangkan SDM berpengetahuan, berkarakter mandiri, dan berjiwa wirausaha yang mampu meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.

Sarjana Teknik Mesin dibutuhkan pada semua sektor penghidupan. Sejak awal berdirinya sampai Tahun Akademik saat ini Jurusan Teknik Mesin telah meluluskan lebih kurang 3000 orang Sarjana Teknik Mesin yang generalis dan tersebar diseluruh Indonesia bahkan mancanegara dengan berbagai pilihan karier. Bidang kerja dan profesi yang dipilih sangat beragam mulai dari artis sampai pejabat Negara dengan lingkup kerja meliputi perusahaan nasional dan multi-nasional.

Jurusan Teknik Mesin FTI Usakti mempunyai 4 peminatan/kompetensi, yaitu: Konversi Energi, Konstruksi Mesin, Teknik Produksi Pembentukan Dan Material dan Teknik Manufaktur. Peminatan Konversi Energi membahas mesin-mesin energi dan energi terbarukan, Peminatan Konstruksi  Mesin bergerak pada bidang rancang bangun mesin-mesin. Sementara peminatan Manufaktur berkecimpung dalam teknologi proses baik konvensional maupun non konvesional.  dan peminatan material bergerak dalam proses pembuatan material dan pengembangan material lanjut (advanced material).

Dalam mewujudkan visi dan misinya, Jurusan Teknik Mesin FTI Usakti didukung oleh para dosen tetap berpendidikan S2 dan S3 mempunyai 2 studio, 8 laboratorium jurusan dan 2 laboratorium bersama.

Bergabunglah dengan kami untuk membangun masa depan bersama. Hubungi Sekertariat Jurusan Teknik Mesin, Gedung Hery Hertanto lantai 5, Kampus A Universitas Trisakti, Jl. Kyai Tapa No. 1, Grogol, Jakarta 11410 dengan nomor telepon +62-21-5663232 ext. 8434.