Gedung Baru Fakultas Teknologi Industri

Sejarah Mesin Trisakti

[metaslider id=1044]

Sejarah Berdirinya Jurusan Teknik Mesin Usakti

 Sejarah Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti dimulai sejak lahirnya Universitas Trisakti pada tanggal 29 November 1965, sehingga sampai saat ini (Agustus 2015) akan menginjak masa tahun emas yaitu 50 Tahun. Dengan demikian, tidak terlepas dari berhasilnya rakyat Indonesia menumpas G-30 S PKI.

Berdirinya Jurusan ini diawali dengan kolaborasi dari Pimpinan Yayasan Trisakti, Pimpinan Universitas Trisakti, dan Pimpinan dari Jurusan Teknik Mesin yang berupaya menyatakan keikutsertaannya untuk membangun Nusa dan Bangsa Indonesia dengan menghasilkan Sarjana dan Pasca Sarjana berkualitas. Sampai saat ini, Jurusan Teknik Mesin telah bertumbuh dan berkembang sesuai dengan kemampuannya, melalui pasang-surut dan bahkan kerikil-kerikil tajam yang mungkin dapat terus berlangsung. Namun, hal ini tidak menyurutkan semangat kami untuk terus menjadi lebih baik lagi.

Fakultas Teknik Industri Universitas Trisakti

Fakultas Teknologi Industri (FTI), merupakan salah satu fakultas yang berada dalam lingkup Universitas Trisakti. Pada awal berdirinya Universitas Trisakti tahun 1965, semua jurusan keteknikan berada dibawah naungan Fakultas Teknik Universitas Trisakti (FT USAKTI). Sesuai dengan perkembangan bidang teknologi di Indonesia, pada tahun 1980 FT USAKTI berkembang menjadi dua yaitu Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) dan Fakultas Teknologi Industri (FTI). Pada saat itu FTI dengan dua jurusan unggulan,yaitu: Jurusan Teknik Mesin dan Jurusan Teknik Elektro.

Pada tahun 1984 berdiri JurusanTeknik Industri, dan pada tahun 1996 berdiri Jurusan Teknik Informatika. Jurusan Teknik Informatika memiliki program studi Teknik Informatika dan system Informasi.

Pada tahun 1994 didirikan Program Magister Teknik Elektro dengan konsentrasi Teknik Elektronika Telekomunikasi yang selanjutnya menambah satu konsentrasi lagi yaitu Manajemen Telekomunikasi. Selanjutnya pada tahun akademik 2001/2002 berdiri Program Magister Teknik Industri dengan konsentrasi Strategi dan Sistem Industri. Dan program Magister Teknik Mesin dengan konsentrasi Konversi Energi memperoleh ijin penyelenggaraan pada tahun 2004.

Dengan demikian, saat ini Fakultas Teknologi Industri (FTI) memiliki 4 (empat) Jurusan; Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri dan Teknik Informatika, menyelenggarakan program sebagai berikut:

  1. Program Sarjana Teknik Mesin
  2. Program Sarjana Teknik Elektro
  3. Program Sarjana Teknik Industri
  4. Program Sarjana Teknik Informatika
  5. Program Sarjana Sistem Informatika
  6. Program Magister Teknik Elektro
  7. Program Magister Teknik Industri
  8. Program Magister Teknik Mesin