Articel public Teknologi

Cara Membuat Robot Line Follower Analog Sederhana

Senang rasanya jika kita bisa membuat robot line tracer atau line follower sederhana meskipun kita seorang pemula/newbie dibidang elektronika atau robotika, rasa ingin tahu yang kuat dan hobi utak-atik komponen elektronika menjadi syarat yang wajib bagi kita jika ingin belajar membuat proyek-proyek robot sederhana, seperti pepatah kuno dulu mulailah dari yang mudah terlebih dahulu.
Banyak sekali skema/rangkaian LTA/LF Analog yang sudah dishare di internet dari yang sederhana sampai yang rumit, dari yang tanpa relay sampai yang menggunakan banyak relay. Namun kali ini saya akan share yang masih sederhana tanpa relay jadi bisa menghemat biaya.
Untuk rangkaian sensor kita masih menggunakan IC LM324 dengan sensor Led Superbright dan Photodioda, bisa yang berukuran 3 mm atau yang 5 mm, sensor bisa juga dibuat 2,4,6,8,10,12,14,16, sampai 20 sensor hal ini dibuat agar pembacaan garis hitam lebih peka, untuk pengaturan intensitas sensor kita bisa gunakan variabel resistor sebesar 20k, rangkaian sensor dan ic ini bisa kita buat dalam satu PCB sedangkan untuk drivernya kita bisa pisahkan di PCB lainya.

Contoh Robot LTA/LF Analog dari berbagai sumber :

LTA/LF Analog 4 Sensor dengan 2 Relay
LTA/LF Analog 4 Sensor dengan 2 Relay
LTA/LF Analog 8 Sensor Tanpa Relay
LTA/LF Analog 8 Sensor Tanpa Relay
LTA/LF Analog 16 Sensor 2 Relay
LTA/LF Analog 16 Sensor 2 Relay
Untuk drivernya kita siapkan transistor dan dioda, karena tidak menggunakan ic driver motor sebaiknya tegangan dan motor yang digunakan tidak melebihi 5 volt, banyak kok ditoko online yang menjual motor dc gearbox 5 volt sekalian roda karetnya. Namun jika anda ingin membuat dengan driver mosfet bisa dilihat artikelnya Disini.

Berikut ini gambar skema rangkaian LTA/LF Analog sederhana :

Skema LTA/LF Analog tanpa Relay
Skema LTA/LF Analog tanpa Relay
Untuk membuat PCB-nya kita bisa menggunakan software pembuat PCB biasanya saya menggunakan software diptarce namun bisa juga menggunakan eagle, proteus, pcb wizard, dll.
Semoga bermanfaat ya…
Sumber : Robot-ID.Com,

160 Comments

Leave a Comment