Artikel Teknologi

Mengenal Teknologi Stealth pada Pesawat Siluman

Dengan majunya teknologi, saat ini telah banyak dikembangkan pesawat-pesawat tempur dengan teknologi persenjataan dan manuver yang semakin canggih. Namun selain itu semua, yang paling penting dari sebuah operasi yang melibatkan pesawat tempur adalah keberhasilan operasi itu sendiri. Hal ini tentunya akan semakin mudah tercapai jika sebuah pesawat tempur memiliki sistem radar undetected.

Mungkin banyak diantara kita mengenal pesawat stealth amerika semisal F-117, dan yang terakhir dikembangkan adalah F-22 Raptor meskipun sepertinya proyek pengembangan F-22 Raptor tidak jadi dilanjutkan. Pesawat-pesawat siluman tersebut memiliki bentuk yang bersudut-sudut tidak sebagaimana pada pesawat-pesawat tempur konvensinal. Bentuk bersudut inilah yang merupakan salah satu faktor utama pesawat tempur mampu menghindari deteksi gelombang yang dipancarkan oleh radar.

Stealth Technology atau juga biasa disebut dengan LO (Low Observable) teknologimerupakan electronic countermeasures pasif. Electronic Countermeasure (ECM) merupakan suatu sistem yang digunakan untuk memperdayai atau menipu deteksi dari radar lawan. Kemampuan stealth pesawat tempur tidaklah terdiri dari satu teknologi namun dari beberapa kombinasi teknologi yang membuat pesawat memiliki kemampuan untuk mengurangi jarak jangkauan radar secara signifikan. Salah satu cara untuk membuat pesawat memiliki kemampuan stealth adalah dengan melakukan modifikasi faktor bentuk dari pesawat itu sendiri.

Sebenarnya teknologi stealth pernah diteliti sekitar tahun 1960-an, yakni ketika pesawat Bomber Avro Vulcan milik Inggris diluar dugaan Nampak sangat kecil di radar dan kadang-kadang tidak nampak sama sekali di radar. Setelah dilakukan penelitian, ternyata fenomena ini disebabkan karena sebagian besar bentuk dari pesawat Avro Vulcan memiliki permukaan yang flat. Sebagaimana yang diketahui bahwa cara yang paling efisien untuk memantulkan kembali gelombang radar menuju pemancar gelombang adalah dengan menggunakan orthogonalmetal plates, kemudian dengan membentuknya menjadi corner reflector yang bisa tersusun dari bentuk dihedral yakniterdiri dari 2 plat yang disusun secara bersiku ataupun bentuk trihedral yang terdiri dari 3 plat yang disusun secara bersiku. Bentuk corner reflector seperti inilah yang akan membuat gelombang radar akan terpantulkan kembali menuju pemancar gelombang, yang mana hal inilah yang akan menyebabkan pesawat terdeteksi pada monitor radar. Desaincorner reflector inilah yang banyak ditemui pada pesawat-pesawat konvensional yang mana bentuk sambungan antara bagian vertical dengan horizontal benar-benar bersudut 900. Sedangkan pada pesawat-pesawat siluman semisal F-117 menggunakan desain yangberbeda yakni memiringkan sudut pada ekor pesawat sehingga tidak bersudut 900yang mana hal ini akan mengurangi cornerreflections terhadap radar.

Modifikasi yang cukup ekstrem dapat terlihat pada B-2 Stealth Bomber yang mana benar-benar menghilangkan sambungan-sambungan antara bagian-bagian horizontal dengan vertical alias dengan kata lain tidak ditemukan bagian-bagian tegak sama sekali. Modifikasi pada B-2 stealth bomberini tidak hanya melindungi pesawat dari deteksi radar namun membuat pesawat memiliki gaya drag atau gaya hambatan aerodinamis yang rendah.

Untuk menambah kemampuan stealt suatu pesawat tempur, maka bagian mesin didesain semaksimal mungkin supaya tertutup di dalam badan pesawat. Pada sebagian pesawat stealth juga perlu ditambahkan adanyabaffle plate pada bagian saluran udara masuk sehingga sudu-sudu kompresor tidak terdeteksi oleh gelombang radar. Pada beberapa jenis pesawat siluman memiliki permukaan bergerigi pada bagian-bagian tertentu semisal exhaust port.

Raptor F-22

Selain itu planform harus dibuat sejajar mungkin karena hal ini akan membuat pesawat memantulkan sinyal radar ke arah spesifik yang jauh dari pemancar gelombang radar. Hal ini jarang ditemui pada pesawat-pesawat tempur konvensional yang memiliki desain planform tidak sejajar. Planform adalah bentukdan layout dari fuselage dan sayap pesawat dengan tipe fixed-wing.  Pada pandangan dari sudut atas F-22 Raptor akan sangat nampak bila sudut-sudut planform terlihat sangat sejajar.

referensi:

en.wikipedia.org