Studio Menggambar Mesin

I. Tujuan :

Sebagai tempat praktikum dan pendukung mata kuliah Teori Menggambar Teknik berbasis ISO di semester 1 dan Teori Menggambar berbasis ISO di semester.

II.  Praktikum Yang Diselenggarakan :
  1. Praktikum Menggambar Teknik berbasis ISO dengan modul 1 s/d 3 dan diselesikan hingga pekerjaan kalkir setelah hasil praktikum menggambar teknik di kertas putih mendapatkan izin asisten untuk di kalkir dan diberikan nilai (semester 1)
  2. Praktikum Menggambar Mesin berbasis ISO dengan modul benda kerja yang terdiri dari 10 s/d 15 komponen terlepas tersebut diukur secara langsung dengan alat ukur jangka sorong dan lain-lain dan digambarkan langsung secara sketsa di Cm blok s/d gambar rakitan/assembling (semester 2)
  3. Praktikum CAD (menggambar berbantuan software CAD=Computer Aided Design)
  4. Hasil gambar dari Cm blok yang telah diperiksa & diizinkan oleh asisten dosen dipindahkan ke CAD dan di Plit ke kertas kalkir, serta diberikan nilai
III.  Penelitian :
  1. Sebagai tempat mahasiswa yang sedang dalam proses menyelesaikan Tugas Akhir dan melakukan riset di perusahaan, kemudian hasil bahasannya harus didukung dengan Gambar Perancangan melalui Program CAD.
  2. Memungkinkan dalam riset bersama dengan pihak disiplin ilmu yang lain seperti dari Jurusan Desain Produk, dalam melahirkan desain produk yang akan datang.
IV.  Pengabdian Masyarakat :

Sebagai tempat pelatihan bersama dari peserta guru-guru SMU dan SMK/STM se Jakarta, khususnya bidang teori menggambar manual sampai dengan CAD.

V.  Publikasi Ilmiah :

Rencana masa datang, hasil gambar berbasis ISO dan digambarkan dengan software CAD akan lebih dimasyarakatkan, sebagai embrio/rancangan awal atau bank data gambar untuk produk-produk 5 s/d 10 tahun ke depan dari desain sebuah produk.

VI.  Sekretariat :

 

Ketua LaboratoriumEmailTempat : Ir. H Sigit Subiantoro, MSEIM: sgt.myk@trisakti.ac.id: Lt. VIII, Gedung F&G, Jurusan Teknik Mesin 

  Fakultas Teknologi Industri

  Universitas Trisakti